Saturday, January 16, 2016

Bandung Trip Part 7 - Kebun Binatang Bandung

Bandung Trip Part 7 - Kebun Binatang Bandung

Saatnya melanjutkan cerita tentang jalan-jalan akhir tahun kemarin nih. Setelah di hari sebelumnya main-main di Alun-Alun Bandung dan sekitarnya, Rayyaan kemudian jalan-jalan ke Kebun Binatang Bandung. Ini pertama kalinya Rayyaan pergi ke kebun binatang yang berukuran besar. Sebelumnya Rayyaan hanya pernah main ke kebun binatang mini. Jadi seneng banget dong bisa melihat lebih banyak koleksi binatang di sini.


Kera Jawa

Burung kasuari.

Rayyaan berangkat dari penginapan kira-kira jam setengah tujuh. Saat itu jalanan masih lengang. Wah kira-kira kebun binatangnya sudah buka belum ya? Rayyaan sempat salah pintu masuk nih. Jalannya bahkan sempit sekali. Eh ternyata ada pintu masuk yang lebih besar dan tempat parkirnya jauh lebih luas. Sebelum masuk, beli tiket dulu ya. Tiketnya seharga Rp 25.000 per orang.

Ternyata sudah lumayan banyak juga yang datang berkunjung. Pedagang-pedagangnya juga banyak. Ada yang menjual topi dan mainan. Ada juga yang menyewakan tikar. Tapi leyeh-leyehnya nanti dulu ya. Rayyaan mau keliling-keliling dulu. Yang pertama Rayyaan lihat adalah koleksi kera Jawa dan burung kasuari. Burung kasuarinya ada yang bergelambir satu ada yang dua. 

Si lutung ini gaya rambutnya keren deh he he.

Hai gajah.

Bisa menunggang gajah juga lho di sini.

Setelah itu Rayyaan lanjut jalan lagi untuk melihat koleksi binatang yang lain. Wah rupanya ada gajah juga. Awalnya Rayyaan sempat kaget dengan bau kandang gajahnya he he. Tapi setelah terbiasa Rayyaan jadi mau berjalan mendekat. Nah, sekarang jalan lagi yuk. Masih ada beberapa jenis primata lainnya seperti lutung dan wau-wau Sumatera. 

Tapi nggak cuma primata saja yang ada di sini. Ada juga binatang seperti rusa, beruang madu, kambing, unta, dan zebra. Selain itu ada juga harimau, singa, dan buaya. Wow baru kali ini deh Rayyaan melihat harimau dan singa dalam jarak dekat.

Baca: Miniatur Kereta Api di Floating Market.

Rusanya banyak ya!

Harimau, aauum!

Ada Winnie the Pooh eh, beruang madu.

Buayanya sedang berendam.

Mau mendengarkan suara kicauan burung? Di sini juga ada koleksi berbagai burung mulai dari yang suaranya merdu seperti kutilang sampai yang berbulu cantik seperti merak atau yang gagah seperti elang garuda. Di bagian bawah kebun binatang ini juga ada wisata airnya. Pengunjung bisa menaiki sepeda air atau duduk-duduk di pinggir kolam. Tapi Rayyaan tidak sampai turun ke bawah. 

Wah kebun binatang ini memang luas sekali ya. Lumayan juga jalan-jalan keliling tempat ini. Rayyaan jadi sempat beberapa kali minta gendong karena lelah he he. Eh tapi ada siapa itu ya? Kok ada harimau yang bebas berkeliaran? Tapi harimaunya baik kok. Tuh buktinya mau diajak foto bareng.

Elang garuda yang gagah.

Di sekitar kandang burung.

Enak buat piknik.

Eh, ini binatang apa ya?

Ada ikan juga.

Rayyaan puas deh main di kebun binatangnya. Banyak binatang yang sebelumnya cuma bisa dilihat di buku, Rayyaan bisa lihat bentuk aslinya dalam jarak dekat. Banyak manfaat juga yang bisa didapat dengan mengajak anak mengunjungi kebun binatang, misalnya:

1. Anak jadi aktif bergerak saat berjalan-jalan di lokasi kebun binatang atau saat merasa excited dan menirukan gerak dan bunyi binatang yang dilihatnya.
2. Mendapat banyak asupan vitamin D saat mengunjungi kebun binatang di pagi hari.
3. Bisa melihat langsung ukuran, bentuk, gerakan asli binatang tersebut, mendengar suaranya, belajar tentang asal dan makanannya.
4. Belajar berinteraksi dengan orang-orang yang belum dikenalnya seperti sesama pengunjung, pengelola kebun binatang (misalnya saat membeli tiket), bahkan pedagang di sana.
5. Meningkatkan kesadaran tentang perlunya menjaga kelestarian alam termasuk binatang-binatang terutama yang dilindungi.

Baca: Science Project: Dino & Volcano.

Wisata air di bagian bawah.

Ada 'harimau' yang bebas berkeliaran he he.

Bye bye Bonbin!
Kebun Binatang Bandung

Jl. Kebun Binatang No.6, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40123
Jam buka: Senin - Minggu jam 07.00 - 18.00







1 comment:

  1. Wah, kebun binatang di Bandung lumayan bagus, ya? :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29