Friday, January 29, 2016

Fine Motor Skill: Cotton Bud dalam Sedotan

Fine Motor Skill: Cotton Bud dalam Sedotan

Yuk ah main-main lagi sambil melatih keterampilan motorik halus. Senin pagi kemarin sementara Rayyaan leyeh-leyeh (sudah bangun tapi masih pengen selonjoran di kursi he he) Mamanya menyiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan motorik halus pagi itu. 


Sebenarnya nggak banyak sih yang harus dipersiapkan, nggak butuh waktu lama juga. Saya hanya perlu 21 batang cotton bud, sebatang pensil, 7 lembar kertas lipat, dan paint cakes. Kalau nggak punya paint cakes juga boleh kok pakai pewarna makanan atau spidol, yang penting disesuaikan dengan warna kertasnya ya.



Ujung cotton budnya lalu diwarnai sesuai warna kertas lipat yang ada. Karena ada 7 warna (hitam, cokelat, oranye, kuning, merah, hijau, biru) jadi warna itulah yang saya gunakan untuk mewarnai cotton budnya. Ada 3 cotton bud untuk masing-masing warna. Setelah itu gulung kertas lipat dengan bantuan sebuah pensil sehingga menyerupai sedotan. Lalu gunting 'sedotan kertas' tersebut menjadi 3 gulungan seperti pada gambar.

Baca: Fine Motor Skill: Fun with Pom-Poms.



Apa yang harus dilakukan Rayyaan? Memasukkan cotton budnya melewati sedotan kertas lipat sesuai warnanya. Simpel kan? Tapi bisa melatih keterampilan motorik halus Rayyaan. Untuk adik-adik (cieh berasa sudah besar) yang sedang belajar tentang warna, kegiatan ini juga bisa untuk berlatih mencocokan warna. Dulu Rayyaan belajar warnanya juga mulai dari mengelompokan benda dengan warna yang sama lho. Lain kali kita coba dengan gsedotan kertas yang diameternya lebih kecil ya supaya lebih menantang.

Baca: Proyek Sains: Si Adonan Unik.



10 comments:

  1. Paint cakes itu beli dmn ya mba.. ada sih spidol tp ga rajin ngerjainnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli di toko buku atau toko alat tulis Mbak :)

      Delete
  2. Wah kreatif juga idenya. Mengenalkan dan mengelompokkan warna yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, bisa juga untuk anak yang masih belajar nama-nama warna :)

      Delete
  3. Kreatif banget emak satu ni. Keren

    ReplyDelete
  4. Mak Heny kreatif yah. Jadi anak-anak bisa kenal warna dengan baik yah

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29