Pages

Wednesday, February 3, 2016

Wishlist: 5 Perlengkapan Ruang Bermain untuk Rayyaan

Wishlist: 5 Perlengkapan Ruang Bermain untuk Rayyaan.

 "Play is essential to development because it contributes to the cognitive, physical, social, and emotional well-being of children and youth. Play also offers an ideal opportunity for parents to engage fully with their children." - American Academy of Pediatrics.

Ternyata memang besar sekali ya manfaat bermain untuk anak. Lewat bermain perkembangan kognitif, fisik, sosial, dan emosional anak meningkat. Selain itu dengan bermain bersama orangtua, ikatan orangtua dengan anak tercinta juga jadi lebih erat. 


Masih berdasarkan jurnal American Academy of Pediatrics, ini dia nih beberapa manfaat yang lebih terperinci dari bermain:

1. Anak berinteraksi dan menjelajah dunia di sekitarnya lewat bermain.
2. Bermain membantu anak mengembangkan kompetensi baru yang berdampak pada meningkatnya kepercayaan dan ketahanan diri menghadapi tantangan.
3. Anak-anak yang bermain bersama belajar bekerja sama dalam kelompok, belajar berbagi, menyelesaikan konflik, dan membela diri sendiri.
4. Dibanding hiburan pasif (tontonan televisi, video game), bermain membangun tubuh yang aktif dan sehat.
5. Bermain bersama meningkatkan ikatan orangtua dan anak dan memberikan kesempatan bagi orangtua untuk melihat dunia dari sudut pandang anak serta belajar berkomunikasi lebih efektif dengan anak.
6. Anak yang tidak terlalu aktif secara verbal dapat mengekspresikan diri mereka lewat bermain.
7. Cukup bermain membantu anak menyesuaikan diri, meningkatkan kesiapan belajar, perilaku belajar, dan kemampuan memecahkan masalah saat ia mulai sekolah.
8. Dan yang terpenting, bermain membuat anak-anak bahagia.


Mengetahui manfaat yang begitu besar dari bermain saya jadi ingin menyediakan ruang khusus bermain untuk Rayyaan. Yang ada sementara ini adalah pojok bermain di salah satu sudut ruang keluarga. Apa sih keuntungan punya ruang khusus untuk bermain?

1. Rumah jadi lebih rapi, soalnya semua mainan disimpan dalam satu ruangan khusus dan harapannya nggak ada lagi mainan yang berceceran dari depan sampai belakang rumah. Kalau ada tamu cukup tutup saja pintu ruang bermain yang berantakan he he.
2. Lebih nyaman bermain saat ada tamu yang datang. Jadi kalau suatu saat ada teman datau kerabat saya yang datang dan membawa anaknya juga, anak-anak bisa bebas dan nyaman bermain di satu ruangan sementara para orangtua bisa bebas dan nyaman juga ngobrol di ruang tamu, iya kan?
3. Fungsi utama kamar adalah untuk tidur, bukan bermain. Sebenarnya bukan berarti anak nggak boleh main-main di kamar sih. Tapi memang mainan terkadang bisa mengalihkan anak saat mestinya mereka sudah harus tidur.
4. Lebih mudah membereskan mainan. Meski salah satu harapan menyediakan ruang bermain adalah biar ruang itu saja yang berantakan, yang lain jangan he he, tapi bukan berarti ruang bermainnya nggak perlu dibereskan. Tapi dengan menyimpan mainan, buku, bahan dan alat untuk membuat prakarya di satu ruang khusus, akan lebih mudah menyusun semua benda itu. Akan lebih mudah juga bagi anak untuk mencari dan belajar membereskan mainanya.
5. Anak lebih terfasilitasi kebutuhannya untuk bereksplorasi. Jika disediakan ruang yang diisi dengan benda-benda yang memungkinkan anak-anak bereksperimen, bereksplorasi dan mencoba hal-hal baru. Selain mainan, yang bisa disediakan dalam ruang bermain anak adalah buku-buku dan bahan-bahan untuk membuat karya seni dan prakarya.

Baca: Science Project: Membuat Megaphone.


Wah semoga dalam waktu dekat ini Rayyaan bisa punya ruang bermain. Minimal Mama Papanya nyicil dulu membeli perlengkapan untuk ruang bermainnya Rayyaan. Buat whistlistnya dulu deh, ada 5 perlengkapan ruang bermain Rayyaan yang available di Lazada:

1. Rak Mainan.


Karena salah satu manfaat ruang bermain adalah mudah menyusun dan menyimpan mainannya Rayyaan, jadi saya butuh rak mainan yang warnanya cerah ceria. Misalnya rak berwarna putih oranye ini. Lucu ya, ada semacam lacinya juga plus satu kotak penyimpanan yang bisa digunakan untk tempat duduk. Cocok banget deh untuk menyimpan mainan seperti lego-legoan dan balok kayu. Sementara yang tidak ada lacinya bisa digunakan untuk menaruh mobil-mobilan dan puzzlenya Rayyaan. Kalau mainannya disimpan di rak begini ia jadi lebih mudah mengambil mainan yang diinginkan dan lebih mudah juga membereskannya



Biasanya rak semacam ini terbuat dari papan partikel. Yang perlu diperhatikan saat memilih raknya adalah pilih yang terbuat dari papan partikel yang kuat, tidak mudah patah, tidak mudah melengkung, tidak mudah berbau dan berjamur. Selain itu bagian-bagian raknya juga sebaiknya mudah dipasang sendiri tanpa bantuan tukang.

2. Rak Buku.


Ruang bermain nggak hanya bisa dimanfaatkan untuk bermain atau menyimpan mainan Rayyaan. Saya juga ingin membuat semacam pojok baca untuknya. Jadi apa yang dibutuhkan untuk menyusun buku-bukunya, ya rak bukulaaaah he he. Sama seperti rak untuk mainan, rak bukunya juga harus yang berwarna cerah ceria seperti rak berwarna hijau dan putih ini. Dengan menyusun bukunya di rak seperti ini Rayyaan jadi lebih mudah mencari buku-buku kesukaannya dan harapannya minat bacanya akan bertambah. Kriteria untuk rak buku yang ideal juga sama seperti kriteria rak mainan yang oke.

3. Set Meja dan Kursi.


Set meja kursi warna-warni ini juga wajib ada nih di ruang bermainnya Rayyaan. Apalagi ada organizernya untuk menaruh benda-benda seperti tempat pensil, lem, penghapus, dan krayon. Jadi Rayyaan bisa mewarnai, melukis, membaca buku, bermain puzzle dan melakukan kegiatan lainnya sambil duduk di kursi ini. Kelebihan set meja dan kursi seperti ini adalah bentuknya yang melengkung sehingga lebih aman jika Rayyaan tidak sengaja membentur meja atau kursinya. Selain itu bahannya juga terbuat dari kayu pilihan yang aman untuk digunakan Rayyaan.

4. Karpet.


Ada kalanya Rayyaan lebih suka bermain sambil duduk di lantai. Supaya bermainnya lebih nyaman ruang bermainnya perlu ada karpetnya dong. Apalagi kalau karpetnya ada gambar-gambar lucunya. Karpet untuk anak juga ada yang memiliki gambar dengan tema tertentu misalnya alfabet, angka, lautan, hutan, dan kota. Jadi bisa untuk belajar juga kan. 

Karpet yang baik untuk bermain anak termasuk Rayyaan adalah yang ukurannya cukup lebar misalnya 200x180 cm, permukaan tidak kasar dan terbuat dari bahan yang higienis dan aman untuk anak serta mudah dibersihkan. Lebih bagus lagi apabila karpetnya cukup tebal minimal 0,5 cm.

5. Wall Sticker.


Supaya ruang bermainnya lebih ceria, dindingnya perlu diberi hiasan nih. Sekarang kan banyak wall sticker atau stiker dinding yang lucu-lucu dan sesuai untuk kamar anak. Gambarnyapun beragam dan bisa juga digunakan sebagai media bermain sambil belajar, misalnya gambar binatang, alat trasportasi, dan alfabet. Bahkan ada juga wall sticker lucu yang selain berfungsi untuk hiasan juga digunakan untuk mengukur tinggi badan anak. Tinggal ditempel saja di dinding dan suasana ruang bermain jadi lebih menyenangkan deh.

Sebenarnya sih masih banyak yang diincar di Lazada untuk perlengkapan ruang bermainnya Rayyaan, kalau ditulis semua daftarnya bisa panjang deh he he. Tapi lima benda di atas adalah yang utama. Doakan ya semoga Rayyaan bisa segera punya ruang bermain sendiri. Aamiin.

Bacaan:

Jurnal: The Importance of Play in Promoting Healthy Child Development and Maintaining Strong Parent-Child Bonds - Kenneth R. Ginsburg.



Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X Lazada Indonesia. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. Voucher Lazada disponsori oleh Lazada Indonesia.

25 comments:

  1. Cakep cakep raknya.. Emang lebih rapi kalau di rak yaa. Anak juga bisa belajar ngerapiin mainan di tempatnya deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, mudah ngambil mainan dan mudah beres-beresnya.

      Delete
  2. raknya bagus2, anak bisa semangat ya beresin mainannya

    ReplyDelete
  3. Sepakat mak, kalo anak pny ruangan sendiri bakalan lebih rapi rumah,, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul he he. Biar yang berantakan terpusat di kamar itu aja hi hi

      Delete
  4. Naksir sama wall stickernya hehehe entahlah kamar anak kecil itu terlihat menarik kalo ada wallnya :)

    Sukses ya mba :)

    ReplyDelete
  5. Rak mainannya kereeen. Jadi pingin beli itu juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raknya memang bikin mupeng banget terutama yang ada 'laci'nya he he

      Delete
    2. Iya ... aku juga pingin banget. Duuuh mahal di ongkir kayanya

      Delete
  6. Udah 2 kali belanja di lazada dan 22nya barang diskonan semua. Hahaha.
    Ikutan kompetisi juga ya mbak ??
    Sukses ya :D

    ReplyDelete
  7. waaaaaah, semua utk anak. Itu jg kyk yg saya inginkan buat anak2 hihihi
    moga terkabul ya mbak :)

    ReplyDelete
  8. wah naksir juga rak bukunya, keren dan warnanya seger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak jangankan buat anak. Aku juga mau punya rak buku begini buat buku2ku

      Delete
  9. yey... setujuuu ruang bermain khusus, lebih mudah beresin paling diminati ibu2 hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dan bisa diumpetin (tutup pintunya) kalau ada tamu ha ha

      Delete
  10. Semoga rak itu dapat milik kita...Amin...

    ReplyDelete
  11. Memang peran ibu memilih kebutuhan anak, termasuk urusan permainan dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Hehehe..smg menang.

    ReplyDelete
  12. klo aku ngajak main sambil nyuci. ponakanku mah seneng hihihi

    ReplyDelete
  13. Set meja kursinya lucu bangeeet...jadi pengen ikutan beli...

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29