Sunday, August 14, 2016

Menabung Huruf Hijaiyah Bertanda Baca

Menabung Huruf Hijaiyah Bertanda Baca.

Awalnya saya dan suami ingin mendaftarkan Rayyaan ke taman pengajian Al-Quran untuk anak-anak. Pernah menemukan TPQ yang membuka kelas berdasarkan usia tertentu. Ada kelas untuk anak-anak usia 3 sampai 5 tahun. Maksudnya sih supaya ada kegiatan sampai cukup umur untuk masuk TK. Tidak ada target khusus Rayyaan harus sudah lancar membaca buku Iqro atau hafal sekian surat, yang penting supaya ada teman sebaya dan lebih semangat menerima ilmu yang diberikan guru TPQnya.


Tapi ternyata sedang ada perubahan pengurus TPQ yang menjadi tujuan kami. Hingga saat ini belum menemukan TPQ yang cocok dan tempatnya terjangkau. Jadi sambil cari-cari info ya belajar dengan Mama Papa saja deh di rumah. Supaya tidak bosan hanya belajar Iqro lewat buku, kami ajak Rayyaan belajar Iqro lewat permainan, misalnya Menabung Huruf Hijaiyah Bertanda Baca.

Baca: Say Bismillah and Alhamdulillah.



Sebelumnya saya sudah membuat sendiri flashcard mini bertuliskan huruf Hijaiyah plus tanda bacanya. Huruf-huruf ini ada di buku Iqro 1 milik Rayyaan tepatnya halaman ke dua. Untuk mengunduh/mendownload mini flashcardnya (bentuk PDF) silakan klik di sini. Setelah itu siapkan 3 buah wadah puding dan 3 kertas origami berwarna kuning, hijau, dan biru, beri lubang seperti celengan lalu gunakan untuk menutupi wadah pudingnya. Kemudian Rayyaan 'menabung'/memasukkan kartu-kartu tersebut ke wadah puding sambil menyebutkan huruf Hijaiyah bertanda bacanya. Belajar Iqro jadi ada variasinya deh.

Baca: Proyek Sains: Bermain Campur Warna.



10 comments:

  1. tengkiu mbk heniiiiii, atas idenya, aku bs bikin nih bwt si ken :)

    ReplyDelete
  2. ide yang jenius ini mbak, kreatif.... thanks mbak udah mau berbagi

    ReplyDelete
  3. Seneng banget mengunjungi blognya mbak Heni. Inspiratif :)

    ReplyDelete
  4. wah boleh juga nih mba idenya. kebetulan anakku lg suka cocokin warna :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29