Monday, December 19, 2016

Resep Goop

Resep Goop

Bikin-bikin sesuatu untuk bahan sensory play yuk. Hmm... Bikin apa ya? Ah cobain bikin Goop aja deh. Rayyaan belum pernah main ini nih, lebih sering sih main playdough buatan Mama aja. Sekalian bantu membuat Goopnya juga ya, Rayyaan.


Bahan:

1. 1 cangkir kecil tepung maizena.
2. 2 cangkir kecil baking soda.
3. 1,5 cangkir kecil air.
4. Pewarna makanan secukupnya.



Cara membuat:

1. Campur semua bahan dalam sebuah panci kecil, aduk dengan whisker hingga tercampur rata.
2. Masak adonan dengan api kecil sambil diaduk-aduk.
3. Masak hingga terbentuk adonan yang kental dan bisa diuleni.
4. Matikan api, diamkan sebentar supaya uapnya hilang.
5. Uleni adonan hingga membentuk sebuah bola.
6. Goop siap dimainkan dan bisa disimpan dalam wadah kedap udara.




Awalnya Goop masih terasa agak lembek dan sedikit lengket namun saat sudah dingin jadi tidak lengket lagi. Goop bisa dimainkan seperti playdough tapi teksturnya sedikit berbeda, semacam agak 'ngaret' gitu deh he he. Tapi Goop juga lembut dan mudah dibentuk. Saya biarkan saja Rayyaan memainkan Goop ini sesuka hatinya terutama untuk mengasah motorik halus dan kepekaan indera perabanya.

7 comments:

  1. Keren. Nyaris serupa dengan clay kah? Clay kan bisa dibuat dari tepung juga. ^_^

    ReplyDelete
  2. Asli, awalnya kukira ini makanan. :o

    ReplyDelete
  3. Bisa dibentuk2 juga, ya? Aku kok jadi pengen buat, ya? :v

    ReplyDelete
  4. Asiiik bikinnya gampang yah mba, pingin coba bikin jg jdnya.. Baru tau aku yg goop ini mba.. hehe.. Thanks ya mba heni :)

    ReplyDelete
  5. wah... sangat bagus untuk melatih kreatifitas anak.... top

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29